Social Icons

Pages

Jumat, 19 Juni 2009

Wasilah Menuju Kebahagiaan

I’lam, ketahuilah saudaraku, nikmat dan kebahagiaan yang selama ini telah kamu kecap atau angan-angankan membutuhkan kendaraan yang banyak macamnya untuk sampai padanya.
Alat yang pertama dan utama; jiwa yang unggul dengan iman dan akhlak yang mantap.
Yang kedua, tubuh yang sehat dan kuat.
Yang ketiga, harta, kedudukan dan keluarga.
Yang keempat hidayah

Kenapa harta, kedudukan dan kesehatan menjadi wasilah penting?
seorang penuntut ilmu tanpa harta bagaikan berburu tanpa senjata, bayangin deh gimana jadinya si pemburu itu. kecil kemungkinan ia bisa mendapatkan buruannya. tentu ilmu lebih mulia dari sekedar buruan. Sesuatu yang mulia tentunya menawarkan tantangan dan prasyarat. Sebagaimana surga adalah dagangan allah yang paling mahal dikelilingi oleh buanyak sekali hal-hal yang ga’ kamu suka. Maka ilmu juga membutuhkan pengorbanan harta.
Berkata Umar bin hafsh al Asyqar:”sesungguhnya para penuntut ilmu tidak mendapati al Bukhary menulis hadits selama beberapa hari di al Bashrah, Beliau berkata;”maka kami mencarinya dan kami mendapatinya disebuah rumah sedangkan Beliau dalam keadaan tidak mengenakan pakaian. Sungguh telah habis apa yang ia miliki dan tidak tersisa sesuatu pun, lalu kami berkumpul dan mengumpulkan uang beberapa dirham untuknya hingga kami membelikan untuknya pakaian dan memakaikannya pada Beliau. Kemudian Beliau kembali bersama kami menulis hadits”.

0 komentar:

Posting Komentar