Social Icons

Pages

Kamis, 02 Juli 2009

Jadikan hidupmu ibadah

Ibadah adalah segala sesuatu yang dicintai dan diridhoi oleh Allah baik berupa perkataan, perbuatan yang tampak dan amalan hati. Ibadah mengandung dua unsur penting di dalamnya; cinta yang sempurna kepada Allah dan kehinaan yang seutuhnya di hadapan Allah.

Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada kami dengan harap dan cemas dan mereka adalah orang-orang yang khusyu' kepada kami.(al Anbiyaa:90)
Setiap aktivitas kita bisa menjadi ibadah yang berpahala di sisi Alllah sebagai contoh; Seseorang yang makan dengan niat untuk kenyang, akan mendapatkan satu manfaat yaitu, rasa kenyang yang dia inginkan. Sedangkan orang yang makan dengan niat untuk kuat dalam ketaatan kepada Allah, akan mendapatkan rasa kenyang dan pahala dari Allah.
Syarat-syarat ibadah ada tiga; tekad yang kuat dalam mewujudkan ibadah itu, niat yang tulus dan ikhlas kepada Allah dan Rasul-Nya. Ikhlash kepada Allah adalah keadaan dimana semua aktivitas berupa perkataan, perbuatan anggota tubuh maupun hati ditujukan untuk mengharapkan keridhoan Allah.
Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.(al Bayyinah:5)
Sedangkan ikhlas kepada Rasul-Nya adalah dengan mengikuti sunnah Beliau Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.
Dari Ummul Mu’minin Ummu Abdillah ‘Aisyah-semoga Allah meridhoinya- diriwayatkan bahwa ia berkata;”telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam;”barang siapa yang membuat-buat sesuatu dalam urusan agama kami yang bukan dari kami, maka hal itu ditolak”.(diriwayatkan oleh Imam al Bukhari dan Imam Muslim)
Dan dalam riwayat Imam Muslim;”barang siapa yang melakukan sesuatu perbuatan yang kami tidak kami perintahkan, maka perbuatan tersebut tertolak”.

0 komentar:

Posting Komentar