Social Icons

Pages

Rabu, 09 Maret 2011

Hasil Keputusan Muktamar Rabhitah Ulama al-Muslimin

Muktamar Rabithah Ulama Al-Muslimin/Muslim Scholars Association di Istanbul, Turki yang berlangsung dari tanggal 27-28 Rabi’ul awwal 1432 H. bertepatan dengan 2-3 Maret 2011 M. yang dihadiri lebih dari seratus ulama dan du’at dari 35 negara telah usai.


Muktamar yang mengusung tema: “ULAMA DAN KEBANGKITAN UMAT” ini membahas dan mendiskusikan berbagai topik aktual di Dunia Islam. Sejumlah keputusan dan seruan penting dari muktamar tersebut, antara lain:

1. Kejayaan Umat Islam pada dasarnya bertumpu pada optimalisasi peran ulama dan pemerintah. Tokoh ulama dan elit politik umat adalah penanggung jawab masalah umat sekaligus teladan masyarakatnya.

2. Revitalisasi peran agama dalam kehidupan, perwujudan pan-Islam, penanaman moral, penghormatan terhadap HAM, kebebasan yang sejalan dengan tuntutan syariat, serta kepemimpinan umat adalah tugas ulama rabbani.

3. Umat Islam sejatinya sadar terhadap tantangan besar yang dihadapinya; yang merupakan simpul yang menghambat kemajuan serta kebangkitannya. Dan jawaban terhadap tantangan itu adalah menghidupkan sunnah serta mengoptimalkan pemanfaatan ilmu dan teknologi.

4. Rabithah mendukung reformasi yang terjadi di Tunis dan Mesir serta negeri-negeri Islam lainnya seraya mengingatkan bahwa perubahan yang hakiki berawal dari taubat kepada Allah, berpegang teguh kepada agama-Nya serta dengan menunjukkan wibawa umat yang sebenarnya.

5. Rabithah mendukung upaya masyarakat Libya untuk membebaskan diri pemerintahannya yang otoriter dan lalim.

6. Rabithah mengingatkan umat dari konspirasi global Syi’ah Shafawiyah dengan propagandanya yang menipu; baik itu di Bahrain dan negara lainnya.

7. Para ulama yang shalih di setiap negeri adalah referensi utama bagi umat dalam menyelesaikan masalah-masalah aktual dan kontemporer.
(Adaptasi: Abu Shofwan Al-Munawiy/Ilham Jaya)

0 komentar:

Posting Komentar